ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DIKELAS VIII UPT SMP NEGERI 7 MEDAN T.P. 2021/2022
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII materi sistem persamaan linear dua variabel di UPT SMP Negeri 7 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sampel yang diambil penelitian ini menggunakan purposive sampling adalah peserta didik di UPT SMP Negeri 7 Medan yaitu kelas VIII. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis berupa 4 butir soal uraian (essay test). Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi teknik, dilanjutkan dengan analisis data yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun hasil tes peserta didik yang telah dilakukan pada soal kemampuan komunikasi matematis menunjukkan peserta didik sebagian besar memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik secara keseluruhan tergolong tinggi, ditunjukkan dari hasil kemampuan komunikasi matematis berada pada tingkat kategori tinggi 53%, kemudian tingkat kategori sedang 31%, dan tingkat kategori rendah yaitu 16%.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]