PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBASIS DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP SWASTA ADVENT 1 MEDAN T.A 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik pada materi SPLDV Kelas VIII SMP Swasta Advent 1 Medan. Adapun populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Swasta Advent 1 Medan, dengan sampel yang terdiri dari 24 orang yaitu peserta didik kelas VIII SMP sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta respon lembar observasi peserta didik. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan literasi matematis: . Pada persamaan regresi
kemampuan literasi matematis tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya kedua variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Untuk uji kelinearan regresi kemampuan literasi matematis diperoleh dengan nilai
dengan demikian maka diterima atau ditolak, sehingga tidak terdapat pengaruh yang linear antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (X) dengan kemampuan literasi matematis peserta didik (Y) sehingga diterima ditolak. Sementara itu untuk uji keberartian regresi, dengan nilai sehingga
maka diterima atau ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh pada model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik pada materi SPLDV Kelas VIII SMP Swasta Advent 1 Medan.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]