ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA KREDIT PADA PT. FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE (FIF) CABANG PEMATANG SIANTAR SELAMA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran meliputi produk, harga, promosi, lokasi, orang/SDM, bukti fisik, dan proses baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian di PT. FIF Cabang Pematang Siantar.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang menggunakan fasilitas kredit (Booking Unit) di FIF. Cabang Pematang Siantar pada tahun 2020 yang berjumlah
13.067 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Purposive Sampling
dan dengan teknik tersebut diperoleh 100 orang sebagai sampel.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Produk berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian. (2) Harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. (3) Promosi tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. (4) Tempat tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. (5) SDM tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. (6) Bukti fisik berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. (7) Proses berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Uji F sebesar 2,11. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan simultan variabel independent (produk, harga, promosi, tempat, sdm, bukti fisik, proses) terhadap keputusan pembelian di PT. FIF Cabang Pematang Siantar. Koefisien Determinasi R2 sebesar 0,650 dapat diartikan bahwa 65% keputusan pembelian di PT. FIF Cabang Pematang Siantar dipengaruhi oleh variabel produk, harga, promosi, lokasi, bukti fisik, orang/SDM, dan proses, sedangkan sisanya sebesar 35% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Collections
- Manajemen [1151]