PENGARUH FASILITAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANGURURAN T.P 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui Pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi faktorisasi suku aljabar di kelas VIII SMP Negeri 1 Pangururan, (2) Untuk mengetahui Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi faktorisasi suku aljabar di kelas VIII SMP Negeri 1 Pangururan, (3) Untuk mengetahui Pengaruh fasilitas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi faktorisasi suku aljabar di kelas VIII SMP Negeri 1 Pangururan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan menggunakan olah data SPSS versi 26.00 dengan menitik beratkan pada korelasi pengaruh dengan menggunakan analisis statistik regresi Linier berganda. Dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangururan T.P 2021/2022. Dengan teknik non probability sample yang menggunakan purposive sampling. Sampel yang diambil adalah kelas VIII B SMPN 1 Pangururan T.P 2021/2022 berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk pilihan berganda dan angket Fasilitas dan motivasi belajar siswa.
Berdasarkan Hasil pada penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi faktorisasi suku aljabar dengan hasil statistiknya yaitu koefisien regresinya 0.460 dengan hasil uji t sebesar 16.612 dan mempunyai tingkat signifikansi 0.000 (α < 0,05). Dengan demikian hipotesis tersebut di terima. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi faktorisasi suku aljabar dengan hasil statistiknya yaitu koefisien regresinya adalah 0.043 dengan hasil uji t dengan nilai 1.575 dan mempunyai tingkat signifikansi 0.116 (α > 0,05). Dengan demikian hipotesis tersebut di terima, (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi faktorisasi suku aljabar dengan hasil uji statistiknya yaitu koefisien regresinya adalah 9.092 dengan hasil uji t dengan nilai 8.208 dan mempunyai tingkat signifikansi 0.000 (α < 0,05). Dengan demikian hipotesis tersebut di dapat diterima.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]