Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik di SMP Negeri 1 Sipahutar
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model guided discovery learning terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik di SMP Negeri 1 Sipahutar. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sipahutar, dengan sampel yang terdiri dari 33 orang yaitu siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen. Dari uji kelinieran regresi diperoleh Fhitung < Ftabel atau 2.61 < 4.16, maka Ha diterima sehingga ada hubungan linier antara model guided discovery learning terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Hasil koefisien korelasi pemahaman konsep diperoleh rhitung > rtabel atau 0.942 > 0.344, yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara model guided discovery learning terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Dan dari uji keberartian regresi diperoleh thitung > ttabel atau 15.628 > 1.695, sehingga Ha diterima maka terdapat hubungan yang kuat antara model guided discovery learning terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Koefisien determinasi pada hubungan X terhadap Y diperoleh r2 = 88.7%, yang berarti bahwa 88.7% pemahaman konsep matematis peserta didik dapat dipengaruhi oleh model guided discovery learning, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh model guided discovery learning terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik, sehingga model guided discovery learning dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]