dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model think pair share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Dengan teknik simple random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-1). Instrumen yang digunakan adalah tes post-test siswa berbentuk uraian yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi keterampilan peserta didik. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 75,23 dengan standar deviasi 12,93. Hasil uji prasyarat data post-test menyatakan sampel terdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan analisis regresi dengan α = 0,05. Dari uji tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh antara model pembelajaran think pair share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Selama pembelajaran di kelas eksperimen, dilakukan observasi keterampilan proses peserta didik dan diperoleh nilai akhir 93,00 dengan kategori penilaian sangat aktif. Dan untuk observasi keterampilan mengajar guru, dengan menggunakan model pembelajaran think pair share (TPS) diperoleh nilai akhir 85,29 dengan kategori sangat baik. | en_US |