PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEMSOLVING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII DI SMPS TOBY BETHLEHEM MEDAN T. P. 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) kelas VIII di SMPS Toby Bethlehem Medan. Jenis penelitian adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang terdiri dari 29 orang. Dikarenakan populasi dalam penelitian ini kurang dari 30 orang, maka pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh, artinya semua populasi menjadi sampel. Berdasarkan teknik pengambilan sampel yang digunakan, maka sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 25 orang Persamaan regresi dari hasil penelitan ini adalah . Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi untuk kemampuan komunikasi matematis diperoleh rxy = 0,948. Hasil tersebut menunjukan adanya hubungan yang sangat kuat antara model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis.Dan koefisien determinasi kemampuan komunikasi matematis adalah r2 = 89,95%, hasil tersebut menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dipengaruhi model pembelajaran problem solving sebesar 89,95%, sedangkan sisanya 10,05 dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian model pembelajaran problem solving dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]