• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI LINGKARAN DI SMP NEGERI 2 PANGARIBUAN T. A. 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    KRISDAYANTI GULTOM.pdf (339.7Kb)
    Date
    2022-01-26
    Author
    GULTOM, KRISDAYANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi lingkaran di kelas VIII SMPN 2 Pangaribuan T. A. 2020/2021. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Pangaribuan yang terdiri dari 5 kelas, dengan sampel yang terdiri dari 30 orang, yaitu siswa kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dan observasi. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan komunikasi matematis: Y ̂=26,201+0,787X. Pada persamaan regresi kemampuan komunikasi tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya kedua variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Dari uji kelinearan regresi diperoleh F_hitung=0,657 dengan nilai F_Tabel=2,41 yang artinya terdapat hubungan yang linear antara model pembelajaran Discovery Learning dengan kemampuan komunikasi matematis dan dari uji keberartian regresi diperoleh F_hitung=28,01 dengan nilai F_Tabel=4,20 yang artinya ada pengaruh yang kuat dan berarti antara penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dengan kemampuan komunikasi matematis. Koefisien korelasi r = 0,881 artinya peningkatan variabel X akan bersamaan dengan meningkatnya variabel Y, dari uji keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung sebesar 20,808. Koefisien determinasi diperoleh hasil yaitu r^2 = 80,82% yang artinya keberhasilan peserta didik dalam kemampuan komunikasi matematis dipengaruhi oleh model pembelajaran Discovery Learning, sedangkan residunya sebesar 19,18% dijelaskan oleh variabel yang tidak diteliti. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis, sehingga diharapkan model pembelajaran Discovery Learning dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6324
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback