• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN T.A 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    ELISA SYABRINA.pdf (273.8Kb)
    Date
    2022-01-26
    Author
    SYABRINA, ELISA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share) terhadap kemandirian belajar matematika pada materi SPLDV kelas VIII SMP Swasta Parulian 2 Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa dan siswi kelas VIII SMP Swasta Parulian 2 Medan dan yang menjadi sampel adalah kelas VIII-1 dan VIII-2. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji analisis varians data angket akhir diperoleh Fhitung = 3,19 dan Ftabel = 1,85. Ternyata Fhitung > Ftabel sehingga H0 ditolak. Yang berarti ada perbedaan dari kedua sampel tersebut. Karena H0 ditolak maka dilanjut ke uji hipotesis. Uji hipotesis dua pihak dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 4,13 dan ttabel = 2,04, dimana thitung tidak terletak pada interval -ttabel = -2,04 dan ttabel = 2,04 sehingga ada perbedaan dari kedua sampel. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar siswa kelas eksperimen dengan kemandirian belajar kelas konvensional. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh perlakuan model yang berbeda. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TPS (Think Pair Share) terhadap kemandirian belajar siswa pada materi SPLDV kelas VIII SMP Swasta Parulian 2 Medan T.A 2021/2022.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6321
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback