PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN T.A 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share) terhadap kemandirian belajar matematika pada materi SPLDV kelas VIII SMP Swasta Parulian 2 Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa dan siswi kelas VIII SMP Swasta Parulian 2 Medan dan yang menjadi sampel adalah kelas VIII-1 dan VIII-2. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji analisis varians data angket akhir diperoleh Fhitung = 3,19 dan Ftabel = 1,85. Ternyata Fhitung > Ftabel sehingga H0 ditolak. Yang berarti ada perbedaan dari kedua sampel tersebut. Karena H0 ditolak maka dilanjut ke uji hipotesis. Uji hipotesis dua pihak dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 4,13 dan ttabel = 2,04, dimana thitung tidak terletak pada interval -ttabel = -2,04 dan ttabel = 2,04 sehingga ada perbedaan dari kedua sampel. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar siswa kelas eksperimen dengan kemandirian belajar kelas konvensional. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh perlakuan model yang berbeda. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TPS (Think Pair Share) terhadap kemandirian belajar siswa pada materi SPLDV kelas VIII SMP Swasta Parulian 2 Medan T.A 2021/2022.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]