Show simple item record

dc.contributor.authorNAIBAHO, WIDIA WATI
dc.date.accessioned2022-01-24T05:46:14Z
dc.date.available2022-01-24T05:46:14Z
dc.date.issued2022-01-24
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6319
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Apakah Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Antara Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 2 Parbuluan”. Adapun Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Parbuluan,yang terdiri dari 6 kelas dengan sampel yang terdiri dari 32 orang siswa yaitu siswa kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian. Berdasarkan lembar observasi yang di berikan kepada siswa, rata-rata lembar observasi memiliki nilai yang cukup memuaskan yaitu 81,73 yang artinya bahwa pembelajaran Problem Based Learning dapat memberikan dampak yang baik terhadap pemahaman konsep matematika dalam pembelajaran matematika. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan pemahaman konsep matematis: Y ̂=0.19001+0.990X . Pada persamaan regresi kemampuan pemahaman konsep tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya kedua variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Untuk uji keberartian regresi kemampuan pemahaman konsep matematis diperoleh F_hitung= 32,63 dengan nilai F_Tabel=4,17, dengan demikian 32,63>4,17 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan Model Problem-Based Learning (X) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis (Y) Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 2 Parbuluan”. Pada hasil perhitungan koefisien determinasi pada hubungan X terhadap Y1 diperoleh r^2 = 52,39% yang artinya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa 52,39% dipengaruhi oleh Model Pembelajaran Problem Based Learning sedangkan residunya sebesar 47,60% dijelaskan oleh variabel lain atau dipengaruhi faktor lain. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem-Based Learning terhadap kemampuan pemahaman matematis pada materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 2 Parbuluan” sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.en_US
dc.subjectPemahaman Konsep Matematis,en_US
dc.subjectProblem-Based Learning,en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PARBULUAN T. P. 2021/2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record