• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN KREATIVITAS MATEMATIS SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN DI KELAS VIII SMP SATU ATAP NEGERI 4 PANGURURAN T.A 2020/2021

    Thumbnail
    View/Open
    ASIMA NAIBAHO.pdf (436.2Kb)
    Date
    2022-01-24
    Author
    NAIBAHO, ASIMA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pencapaian kosep terhadap kemampuan kreativitas matematis siswa pada materi pola bilangan di kelas VIII smp satu atap Negeri 4 Pangururan T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa dan siswi kelas VIII SMP satu atap Negeri 4 Pangururan dan yang menjadi sampel adalah kelas VIII-A dan VIII-B. Kelas VIII-A menjadi kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pencapaian konsep dan kelas VIII-B menjadi kelas konvensional diajarkan dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan berupa angket yang telah dilakukan uji validitas instrumen. Sebelum diberi perlakuan yang berbeda maka dilakukan pemberian angket awal, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 62,53 dan nilai rata-rata kelas konvensional adalah 69,06 dengan standar deviasi kelas eksperimen adalah 9,75 dan standar deviasi kelas konvensional adalah 7,64. Setelah diberi perlakuan yang berbeda kepada kedua kelas sampel maka dilakukan pemberian angket akhir, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 79,93 dan nilai rata-rata kelas konvensional adalah 71,6 dengan standar deviasi kelas eksperimen adalah 9,61 dan standar deviasi kelas konvensional adalah 5,38. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji analisis varians data angket akhir diperoleh Fhitung = 3,19 dan Ftabel = 1,85. Ternyata Fhitung> Ftabel sehingga H0 ditolak. Yang berarti ada perbedaan dari kedua sampel tersebut. Karena H0 ditolak maka dilanjut ke uji hipotesis. Uji hipotesis dua pihak dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 4,13 dan ttabel = 2,04, dimana thitung tidak terletak pada interval -ttabel = -2,04 dan ttabel = 2,04 sehingga ada perbedaan dari kedua sampel. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara kreativitas matematis siswa kelas eksperimen dengan Kreativitas siswa kelas konvensional. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh perlakuan model yang berbeda. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pencapaian kosep terhadap kemampuan kreativitas matematis siswa pada materi pola bilangan di kelas VIII smp satu atap Negeri 4 Pangururan T.A 2020/2021.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6317
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback