PENGARUH MODEL PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN KREATIVITAS MATEMATIS SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN DI KELAS VIII SMP SATU ATAP NEGERI 4 PANGURURAN T.A 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pencapaian kosep terhadap kemampuan kreativitas matematis siswa pada materi pola bilangan di kelas VIII smp satu atap Negeri 4 Pangururan T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa dan siswi kelas VIII SMP satu atap Negeri 4 Pangururan dan yang menjadi sampel adalah kelas VIII-A dan VIII-B. Kelas VIII-A menjadi kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pencapaian konsep dan kelas VIII-B menjadi kelas konvensional diajarkan dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan berupa angket yang telah dilakukan uji validitas instrumen. Sebelum diberi perlakuan yang berbeda maka dilakukan pemberian angket awal, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 62,53 dan nilai rata-rata kelas konvensional adalah 69,06 dengan standar deviasi kelas eksperimen adalah 9,75 dan standar deviasi kelas konvensional adalah 7,64. Setelah diberi perlakuan yang berbeda kepada kedua kelas sampel maka dilakukan pemberian angket akhir, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 79,93 dan nilai rata-rata kelas konvensional adalah 71,6 dengan standar deviasi kelas eksperimen adalah 9,61 dan standar deviasi kelas konvensional adalah 5,38. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji analisis varians data angket akhir diperoleh Fhitung = 3,19 dan Ftabel = 1,85. Ternyata Fhitung> Ftabel sehingga H0 ditolak. Yang berarti ada perbedaan dari kedua sampel tersebut. Karena H0 ditolak maka dilanjut ke uji hipotesis. Uji hipotesis dua pihak dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 4,13 dan ttabel = 2,04, dimana thitung tidak terletak pada interval -ttabel = -2,04 dan ttabel = 2,04 sehingga ada perbedaan dari kedua sampel. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara kreativitas matematis siswa kelas eksperimen dengan Kreativitas siswa kelas konvensional. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh perlakuan model yang berbeda. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pencapaian kosep terhadap kemampuan kreativitas matematis siswa pada materi pola bilangan di kelas VIII smp satu atap Negeri 4 Pangururan T.A 2020/2021.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]