dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning(PBL)terhadap kemampuan komunikasi matematispeserta didikKelas VII SMP Harvard Medan.Adapun Populasi penelitian ini adalah peserta didikKelas VII SMP Harvard Medan, dengan sampel yang terdiri dari 35 orang yaitu peserta didik kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah dilakukan uji validitasi instrument serta lembar observasi siswa. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan komunikasi matematis: Y ̂=-52,03+1,42X . Pada persamaan regresi kemampuan komunikasi tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya ketiga variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Untuk uji kelinieran regresi antara X dan Y diperoleh F_hitung= 6,38,dengan demikian 6,38>2,25maka Ha diterima, sehingga tidak terdapat pengaruh yang berarti antara strategi pembelajaran Problem Based Learning(PBL)(X) dengan kemampuan komunikasi matematis peserta didik(Y), sehingga H_a diterima H_0 ditolak
Maka dapat disimpulkan Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, sehingga strategi Problem Based Learning(PBL) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. | en_US |