• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DIKELAS VIII SMP SWASTA BUDI SETIA

    Thumbnail
    View/Open
    ANGGI CHRISTINA LASE.pdf (284.8Kb)
    Date
    2022-01-17
    Author
    LASE, ANGGI CHRISTINA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kls VIII SMP Swasta Budi Setia.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Setia. Dengan teknik Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-B). Instrumen yang digunakan adalah tes post test siswa berbentuk uraian yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi keterampilan pada peserta didik.Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post test kelas eksperimen 65,26 dengan simpangan baku 20,03. Hasil uji prasyarat data post test menyatakan sampel terdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji analisis regresi dengan α = 0,05. Dari uji tersebut dapat di simpulkan ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Selama pembelajaran di kelas eksperimen, dilakukan observasi pada peserta didik dan diperoleh nilai akhir dengan kategori penilaian aktif.Dan untuk observasi keterampilan mengajar guru, dengan menggunakan model pembelajaran problem solvingdiperoleh nilai akhir dengan kategori sangat baik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6194
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback