• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA HARVARD MEDAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    SUSGEM BINA ULI SINAGA.pdf (294.7Kb)
    Date
    2022-01-17
    Author
    SINAGA, SUSGEM BINA ULI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) peserta didik pada materi Teorema Phytagoras dikelas VIII SMP Swasta Harvard Medan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan menetapkan 1 kelas dari 3 kelas yang ada yaitu kelas VIII-C yang berjumlah 38 orang. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes awal (Pre-Test) yang diberikan guru sebelum dilakukan tindakan, dan tes akhir (Post-Test ) yang diberikan sesudah tindakan beserta observasi. Meningkatnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa apabila ketuntasan individu siswa yang diperoleh ≥65%. Data-data yang didapat tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan indikator yang kemudian digunakan apabila hasil ketuntasan klasikal ≥80% maka Hipotesis tindakan diterima. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh data pada tes awal (Pre-Test) yang diberikan dengan ketuntasan klasikal 23,7% dengan kategori kemampuan pemecahan masalah matematika siswa rendah dan dari hasil tes akhir (Post-Test) yang dilakukan sesudah tindakan diperoleh ketuntasan kelasikal 81,5% dengan kategori kemampuan pemecahan masalah Tinggi (Baik). Kemampuan pemecahan masalah siswa dari pemberian Pre-Test diawal dan Post-Test sesudah tindakan meningkat sebesar 57,8%. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Teorema Phytagoras dikelas VIII SMP Swasta Harvard Medan Tahun Pelajaran 2021/2022.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6192
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback