PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA HARVARD MEDAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) peserta didik pada materi Teorema Phytagoras dikelas VIII SMP Swasta Harvard Medan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan menetapkan 1 kelas dari 3 kelas yang ada yaitu kelas VIII-C yang berjumlah 38 orang. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes awal (Pre-Test) yang diberikan guru sebelum dilakukan tindakan, dan tes akhir (Post-Test ) yang diberikan sesudah tindakan beserta observasi. Meningkatnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa apabila ketuntasan individu siswa yang diperoleh ≥65%. Data-data yang didapat tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan indikator yang kemudian digunakan apabila hasil ketuntasan klasikal ≥80% maka Hipotesis tindakan diterima. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh data pada tes awal (Pre-Test) yang diberikan dengan ketuntasan klasikal 23,7% dengan kategori kemampuan pemecahan masalah matematika siswa rendah dan dari hasil tes akhir (Post-Test) yang dilakukan sesudah tindakan diperoleh ketuntasan kelasikal 81,5% dengan kategori kemampuan pemecahan masalah Tinggi (Baik). Kemampuan pemecahan masalah siswa dari pemberian Pre-Test diawal dan Post-Test sesudah tindakan meningkat sebesar 57,8%. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Teorema Phytagoras dikelas VIII SMP Swasta Harvard Medan Tahun Pelajaran 2021/2022.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]