Show simple item record

dc.contributor.authorLUMBAN SIANTAR, LILIS TIOMARI
dc.date.accessioned2022-01-17T05:47:12Z
dc.date.available2022-01-17T05:47:12Z
dc.date.issued2022-01-17
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6191
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari pembalajaran online dengan mengunakan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 27 Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 27 Medan T.A 2021/2022. Dengan teknik purposive Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas VII-3. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan pemecahan masalah matematis: regresi y = 64,14 + 0,062x. Untuk uji kelinearan regresi kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh Fhitung = -0,021 dengan nilai Ftabel = 2,34 dengan demikian -0,021 < 2,34 maka H_0 diterima atau H_a ditolak, sehingga tidak terdapat pengaruh yang linear antara model pembelajaran online berbasis masalah dengan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik (Y) sehingga H_0 diterima〖 H〗_a ditolak. Untuk uji keberartian regresi pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di peroleh Fhitung < Ftabel = 0,15 < 2,34 maka ho diterima sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh yang berarti penggunaan model pembelajaran online berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.dari hasil perhitungan koefisien krelasi rhiung = 0,361. Dan dari hasil perhitungan koefisien determinasi pada hubungan antara pembelajara online berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah diperoleh r2= 1,7 sedangkan residunya sebesar 98,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti atau di pengaruhi oleh faktor lain. maka dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh yang berarti antara penggunaan model pembelajaran online berbasis masalah (X) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi bentuk aljabar Kelas VII UPT SPF SMP Negeri 27 Medan.en_US
dc.subjectModel pembelajaran online,en_US
dc.subjectPembelajaran berbasis masalah,en_US
dc.subjectPemecahan masalah.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 27 MEDAN T.A 2021/2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record