• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI FUNGSI KELAS VIII DI SMP SWASTA GAJAH MADA MEDAN T.P. 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    LESTIANA GIRSANG.pdf (347.2Kb)
    Date
    2022-01-10
    Author
    GIRSANG, LESTIANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa pada maeri fungsi kelas VIII di SMP Swasta Gajah Mada Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi Experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan. Dengan menggunakan teknik Total Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-A) dan sebagai kelas kontrol (VIII-B). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan koneksi menunjukkan bahwa nilai (sig.) 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan kelas eksperimen pada meningkatkan komunikasi matematis mempunyai nilai rata-rata . Pada kelas kontrol meningkatkan komunikasi matematis mempunyai nilai rata-rata . Dengan memperhatikan nilai (sig.) yang diperoleh maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa pada materi fungsi kelas VIII di SMP Swasta Gajah Mada Medan. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) memberi pengaruh lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa pada materi fungsi kelas VIII di SMP Swasta Gajah Mada Medan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5956
    Collections
    • Pendidikan Matematika [553]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback