PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI FUNGSI KELAS VIII DI SMP SWASTA GAJAH MADA MEDAN T.P. 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa pada maeri fungsi kelas VIII di SMP Swasta Gajah Mada Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi Experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan. Dengan menggunakan teknik Total Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-A) dan sebagai kelas kontrol (VIII-B). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan koneksi menunjukkan bahwa nilai (sig.) 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan kelas eksperimen pada meningkatkan komunikasi matematis mempunyai nilai rata-rata . Pada kelas kontrol meningkatkan komunikasi matematis mempunyai nilai rata-rata . Dengan memperhatikan nilai (sig.) yang diperoleh maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa pada materi fungsi kelas VIII di SMP Swasta Gajah Mada Medan. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) memberi pengaruh lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa pada materi fungsi kelas VIII di SMP Swasta Gajah Mada Medan.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]