Show simple item record

dc.contributor.authorMANALU, AYUNASARI
dc.date.accessioned2022-01-10T04:13:51Z
dc.date.available2022-01-10T04:13:51Z
dc.date.issued2022-01-10
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5954
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam pembelajaran daring pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T.P 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menjadi salah satu upaya guru dalam berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajaran didalam grub kelas whatsaap selama pembelajaran daring (online). Peneliti menggunakan model pembelajaran berbasis projek. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini ditetapkan 1 kelas dari 8 kelas yang ada, yaitu kelas VIII-4 yang berjumlah 32 orang. Adapun instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes awal (Pre-Test) yang diberikan guru sebelum dilakukan tindakan, tes akhir (Post-Test ) yang diberikan sesudah tindakan beserta observasi. Meningkatnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik apabila ketuntasan klasikal peserta didik yang diperoleh ≥80%. Data – data yang didapat tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan indikator yang digunakan apabila hasil ketuntasan klasikal ≥80% maka Hipotesis tindakan diterima. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh data pada tes awal (Pre-Test) yang diberikan dengan ketuntasan klasikal 41% dengan kategori pemahaman konsep matematis peserta didik sangat rendah dan dari hasil tes akhir (Post-Test) yang dilakukan sesudah tindakan diperoleh ketuntasan kelasikal 81% dengan kategori pemahaman konsep Tinggi. Kemampuan pemahaman konsep peserta didik dari pemberian Pre-Test diawal dan Post-Test sesudah tindakan meningkat sebesar 40%. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis projek dalam pembelajaran daring dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T.P 2021/2022.en_US
dc.subjectPembelajaran Berbasis Projek,en_US
dc.subjectKemampuan Pemahaman Konsepen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.P 2021/2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record