PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIEAR DUA VARIABEL DI KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN T.A 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas X SMA Negeri 8 Medan. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Medan. Dengan menggunakan teknik total sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (X MIA 5) dan kelas konvensional (X MIA 4). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini soal pretest dan posttest dengan bentuk soal essay yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi siswa mengenai penerapan pada model pembelajaran Think Pair Share. Setelah dilakukan penelitian dan diuji menggunakan uji U atau Mann Whitney (sig) 0,000 < 0,05 Ho maka ditolak dengan demikian H_a diterima. Artinya terdapat perbedaan antara model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi Sistem Persamaan Liniear Dua Variabel di kelas X SMA Negeri 8 Medan T.A 2021/2022 sehingga karena ada perbedaan yang signifikan perbedaan tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]