• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI OPERASI ALJABAR KELAS VIII SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 3 SATU ATAP STTU JEHE T.A. 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    OLIVIA AGUS LINEN PURBA.pdf (312.6Kb)
    Date
    2022-01-06
    Author
    PURBA, OLIVIA AGUS LINEN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi Operasi Aljabar kelas VIII Semester Ganjil di SMP Negeri 3 Satu Atap STTU Jehe T.A. 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 26 orang. Karena populasi kurang dari 30 orang, maka cara pengambilan sampel dilakukan dengan Sampling Jenuh yang artinya seluruh populasi menjadi sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi siswa. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan berpikir kreatif matematis adalah: Y ̂=21,2+0,7X. Pada persamaan regresi kemampuan berpikir kreatif matematis tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya kedua variabel mempunyai hubungan linear yang positif dan setiap kenaikan variabel X sebesar 1 satuan, maka variabel Y akan bertambah sebesar 0,7151 satuan. Koefisien korelasi r = 0,411 artinya terdapat hubungan yang cukup kuat antara model pembelajaran mind mapping dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Koefisien determinasi diperoleh hasil yaitu r^2 = 16,9353% yang artinya keberhasilan peserta didik dalam kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran mind mapping sebesar 16,9353%, sedangkan sisanya sebesar 83,0647% dijelaskan oleh variabel yang tidak diteliti. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, sehingga diharapkan model pembelajaran mind mapping dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5947
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback