UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATISPESERTA DIDIK MELALUI APLIKASI PEMBELAJARAN ONLINE DI SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik melalui aplikasi pembelajaran online di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu 2 siklus dalam penelitian dengan 4 kali pertemuan, masing-masing siklus 2x pertemuan. Peneliti menggunakan aplikasi pembelajar online (WhatsApp). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini dilakukan hanya 1 kelas dari 8 kelas yang ada, yaitu kelas VIII-4 yang berjumlah 32 orang. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes awal (Pre-Test) yang diberi guru sebelum melakukan tindakan dan tes akhir (Post-Test) yang diberikan sesudah melakukan tindakan serta observasi. Meningkatnya kemampuan penalaran matematis matematis peserta didik apabila ketuntasan klasikal peserta didik yang diperoleh ≥70%. Data–data yang didapat tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan indikator yang digunakan apabila hasil ketuntasan klasikal ≥70% maka Hipotesis tindakan diterima. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh data pada tes awal (Pre-Test) yang diberikan dengan ketuntasan klasikal 53% dengan kategori penalaran matematis peserta didik dikatakan rendah dan dari hasil tes akhir(Post-Test) yang dilakukan sesudah tindakan diperoleh ketuntasan klasikal 81% dengan kategori kemampuan penalaran matematis peserta didik Tinggi (Baik). Maka tingkat kemampuan penalaran matematis peserta didik dari pemberian Pre- Test diawal pertemuan dan Post-Test sesudah melakukan tindakan meningkat sebesar
28%. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatatan kemampuan penalaran matematis peserta didik, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi online dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan
Collections
- Pendidikan Matematika [662]