• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATISPESERTA DIDIK MELALUI APLIKASI PEMBELAJARAN ONLINE DI SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN

    Thumbnail
    View/Open
    ESTI PRASISKA SARAGIH.pdf (261.3Kb)
    Date
    2022-01-06
    Author
    SARAGIH, ESTI PRASISKA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik melalui aplikasi pembelajaran online di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu 2 siklus dalam penelitian dengan 4 kali pertemuan, masing-masing siklus 2x pertemuan. Peneliti menggunakan aplikasi pembelajar online (WhatsApp). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini dilakukan hanya 1 kelas dari 8 kelas yang ada, yaitu kelas VIII-4 yang berjumlah 32 orang. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes awal (Pre-Test) yang diberi guru sebelum melakukan tindakan dan tes akhir (Post-Test) yang diberikan sesudah melakukan tindakan serta observasi. Meningkatnya kemampuan penalaran matematis matematis peserta didik apabila ketuntasan klasikal peserta didik yang diperoleh ≥70%. Data–data yang didapat tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan indikator yang digunakan apabila hasil ketuntasan klasikal ≥70% maka Hipotesis tindakan diterima. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh data pada tes awal (Pre-Test) yang diberikan dengan ketuntasan klasikal 53% dengan kategori penalaran matematis peserta didik dikatakan rendah dan dari hasil tes akhir(Post-Test) yang dilakukan sesudah tindakan diperoleh ketuntasan klasikal 81% dengan kategori kemampuan penalaran matematis peserta didik Tinggi (Baik). Maka tingkat kemampuan penalaran matematis peserta didik dari pemberian Pre- Test diawal pertemuan dan Post-Test sesudah melakukan tindakan meningkat sebesar 28%. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatatan kemampuan penalaran matematis peserta didik, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi online dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5943
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback