• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII SMP ADHYAKSA MEDAN T.A. 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    MEI ENJELITA SITUMORANG.pdf (323.3Kb)
    Date
    2022-01-06
    Author
    SITUMORANG, MEI ENJELITA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Adhyaksa Medan T.A. 2021/2022. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi Experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Adhyaksa Medan. Dengan menggunakan teknik total Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-A) dan sebagai kelas kontrol (VIII-B). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan koneksi menunjukkan bahwa nilai (sig.) 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan kelas eksperimen pada kemampuan berpikir kritis mempunyai nilai rata-rata . Pada kelas kontrol kemampuan berpikir kritis mempunyai nilai rata-rata . Dengan memperhatikan nilai (sig.) yang diperoleh maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Adhyaksa Medan T.A. 2021/2022. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memberi pengaruh lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Adhyaksa Medan T.A. 2021/2022.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5942
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback