PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII SMP ADHYAKSA MEDAN T.A. 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Adhyaksa Medan T.A. 2021/2022. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi Experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Adhyaksa Medan. Dengan menggunakan teknik total Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-A) dan sebagai kelas kontrol (VIII-B). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan koneksi menunjukkan bahwa nilai (sig.) 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan kelas eksperimen pada kemampuan berpikir kritis mempunyai nilai rata-rata . Pada kelas kontrol kemampuan berpikir kritis mempunyai nilai rata-rata . Dengan memperhatikan nilai (sig.) yang diperoleh maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Adhyaksa Medan T.A. 2021/2022. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memberi pengaruh lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Adhyaksa Medan T.A. 2021/2022.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]