PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DENGAN MODEL EKSPOSITORI PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DI KELAS VII SMP SWASTA NASRANI BELAWAN T. A. 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education dengan model Ekspositori pada materi pecahan di Kelas VII SMP Swasta Nasrani Belawan T. A. 2020/2021. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian quasi experiment (eksperimen semua). Populasi dalam penelitian adalah seluruh Kelas VII SMP Swasta Nasrani Belawan yang terdiri dari 6 kelas. Dari populasi tersebut yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang diambil dari populasi dengan teknik simple random, yaitu kelas eksperimen I dengan model pembelajaran Realistic Mathematic Education dan kelas eksperimen II dengan model Ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, ditemukan ada perbedaan dari kedua sampel. Artinya ada perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education dan model pembelajaran Ekspositori pada materi pecahan di Kelas VII SMP Swasta Nasrani Belawan T. A. 2020/2021.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]