PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII SMP NEGERI SATU ATAP 2 MEREK T.A 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap berfikir kreatif matematika siswa pada materi bangun ruang kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 2 Merek. Adapun Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 2 Merek dengan sampel yang terdiri dari 13 orang yaitu siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan instrumen yang digunakan adalah soal Post – Test dengan berbentuk essay
yang telah dilakukan uji validitasi instrument serta lembar observasi siswa mengenai penerapan Model Student Team Achievement Divisions (STAD).Setelah dilakukan penelitian maka di peroleh rata-rata Post- Test adalah 66,53 dengan simpangan baku 19,48 dan nilai rata-rata lembar observasi siswa adalah 78,61 dengan simpangan baku 6,39.Hasil uji normalitas menyatakan X dan Y berdistribusi normal selanjutnya dilakukan uji regresi dan korelasi dengan α = 0,05.dari uji tersebut disimpulkan terdapat pengaruh Model Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap berfikir kreatif matematika siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]