Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rasa Takut Akan Kegagalan Dalam Diri Peserta Didik Menyelesaikan Masalah Matematika Di Kelas VIII SMP Nasrani 1 Medan T.P. 2021/2022.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi rasa takut akan kegagalan dalam diri peserta didik menyelesaikan masalah matematika di kelas VIII SMP Nasrani 1 Medan T.P. 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualiatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Nasrani 1 Medan yang memiliki nilai matematika rendah dan sampel yang digunakan diambil dengan teknik Purposive Sampling. Alat Pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar angket dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor guru, diperoleh presentase sebesar 68,11% menunjukkan bahwa faktor guru terhadap timbulnya rasa takut siswa akan kegagalan dalam menyelesaikan masalah matematika tergolong tinggi; (2) faktor teman bergaul, diperoleh presentase sebesar 80,79% menunjukkan bahwa fakkor teman bergaul terhadap timbulnya rasa takut siswa akan kegagalan dalam menyelesaikan masalah matematika tergolong sangat tinggi; (3) faktor yang berkaitan dengan motivasi diri sendiri, diperoleh presentase sebesar 77,58% menunjukkan bahwa faktor guru terhadap timbulnya rasa takut siswa akan kegagalan dalam menyelesaikan masalah matematika, tergolong tinggi.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]