Show simple item record

dc.contributor.authorPURBA, HERLINA
dc.date.accessioned2021-10-22T03:55:59Z
dc.date.available2021-10-22T03:55:59Z
dc.date.issued2021-10-22
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5433
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemandirian belajar matematis peserta didik pada materi himpunan kelas VII SMP Swasta Etislandia Medan. Adapun Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP SW. Etislandia Medan, dengan sampel yang terdiri dari 36 orang yaitu siswa kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah dilakukan uji validitasi instrument serta respon angket siswa. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk kemandirian belajar matematis : . Pada persamaan regresi kemandirian belajar matematis tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya ketiga variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Untuk uji keberartian regresi kemandirian belajar matematis diperoleh dengan nilai dengan demikian dan untuk uji kelinearan regresi kemandirian belajar matematis diperoleh FHitung > FTabel atau maka Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang linear antara pendekatan saintifik (X) dengan kemandirian belajar matematis (Y), sehingga diterima ditolak Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemandirian belajar matematis, sehingga diharapkan pendekatan saintifik tidak dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian belajar matematis siswa.en_US
dc.subjectPendekatan Saintifik,en_US
dc.subjectKemandirian Belajar Matematisen_US
dc.titlePENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP SWASTA ETISLANDIA T.P. 2020/2021en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record