PengaruhSistemInformasiPerpustakaanTerhadapPeningkatanKualitasPelayanan Di PerpustakaanUniversitas HKBP Nommensen Medan
Abstract
PenelitianinidilakukanuntukmengetahuiPengaruhSistemInformasiTerhadappeningkatanKualitasPelayanan Di PerpustakaanUniversitas HKBP Nommensen Medan. Keberhasilansuatuorganisasikhususnyaperpustakaan, sangat dipengaruhi olehpeningkatan pelayanan. Variabeluntu kmengukurkualitassisteminformasi adalahKekinian data, WaktuRespon, Keandalan, Kelengkapan, Keluwesan, KemudahanPenggunaan, sedangkanvariabeluntukmengukur kualitas pelayananadalah Ketanggapan, Jaminan, Keandalan, Pelayanan Perpustakaan bersifatterbuka, dapatdipertanggungjawabkan, mendorongperanpemakai dalamaspirasi kebutuhanpemakai, diskriminatif , mempertimbangan keseimbanganhakdankewajiban. Metodepengumpulan data dilakukan denganmenyebarangketdenganjumlahrespondensebanyak 99 orang. LokasiPenelitianadalahPerpustakaanUniversitas HKBP Nommensen Medan.Analisis data dilakukandenganmenggunakantigametodeanalisiskorelasi, yaituanaliis Pearson Product Moment 0,975 dengansignifikansi 0,000.Analiskorelasi Kendall 0,896 dengansignifikansi 0,000.Analisiskorelasi Spearman 0,960 dengansignifikansi 0,000. Dari hasilpenelitiandapatdisimpulkan bahwa pengaruhsistem informasiperpustakaanberpengaruhsecarapositifdansignifikansiterhadapkualitaspelayanan di perpustakaanUniversitas HKBP Nommensen Medan. Hal iniberartibahwajikasisteminformasiberjalandenganbaik, makakualitaspelayanan di perpustakaanakansemakinbaik.