• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang di Kecamatan Delitua T.A 2020/2021

    Thumbnail
    View/Open
    Elprita Nurhayati Sianturi.pdf (626.8Kb)
    Date
    2020-09-04
    Author
    Sianturi, Elprita Nurhayati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik pada materi bangun ruang di Kecamatan Delitua T.A 2020/2021. Jenis Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di Kelurahan Delitua Barat yang berjumlah 12 orang. Dalam hal ini, seluruh populasi dalam penelitian diambil sebagai sampel penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di Kelurahan Delitua Barat yang berjumlah 12 orang. Dari hasil perhitungan analisis data diperoleh persamaan regresi Y ̂= -38,4401+1,4119 X. Dari uji kelinearan persamaan regresi diperoleh Fhitung = 1,2074 artinya, terdapat hubungan yang linier antara model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Kemudian dari uji keberartian persamaan regresi diperoleh Fhitung = 23,8174 artinya, terdapat pengaruh yang berarti antara model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Hasil koefisien korelasi r = 0,84 artinya, terdapat hubungan yang kuat/tinggi antara model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Dari uji keberartian korelasi diperoleh bahwa terdapat hubungan yang kuat dan berarti antara model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Sedangkan koefisien determinasi r2 = 70,43% artinya, tinggi rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik 70,43% dipengaruhi oleh faktor model pembelajaran Discovery Learning yang digunakan sedangkan sisanya yaitu 29,57% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Sehingga diharapkan model pembelajaran Discovery Learning dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5018
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback