PENGARUH TEORI AUSUBEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEGAJAHAN T.P. 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Teori Ausubel dengan menggunakan Metode Inkuiri untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 1 Pegajahan. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pegajahan . Dengan teknik random sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-3. Instrumen yang digunakan Post tes dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi peningkatan aktivitas belajar. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi adalah Y ̂_1=33,6232+0,5640X. untuk uji kelinearan regresi posttes di peroleh F_hitung=1,9419 maka F_tabel>F_hitung atau 2,41>1,9419, maka Ha diterima. Sehingga terdapat hubungan yang linier antara model pembelajaran teori ausubel dengan menggunakan metode inkuiriuntuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kemudian untuk uji keberartian regresi antara X dan Y diperoleh F_hitung=21,8570 maka F_tabel<F_hitung atau 4,20<21,8570 maka Haditerima. Sehingga terdapat hubungan yang berarti antara pembelajaran Teori Ausubel dengan Metode Inkuiri untuk meningkatkan Aktivitas Belajar. Berdasarkan hasil analisis uji kelinearan dan uji keberartian regresi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Teori Ausubel dengan menggunakan Metode Inkuiri untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 1 Pegajahan. Sehingga diharapkan model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [625]