Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMPN 1 Bandar Khalifah T.P 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan menggunakan Problem Based Learning dan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada materi Sistem Persaman Linear Dua Variabel di kelas VIII SMPN 1 Bandar Khalifah T.P. 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Bandar Khalifah. Dimana pengambilan sampel dipilih menggunakan Purposive Sampling dengan menetapkan pertimbangan-pertimbangan atau kriteria tertentu yang harus dipenuhi oleh sampel yang digunakan. Salah satu kriteria yang dimaksud yaitu setiap kelas eksperimen yang menjadi sampel harus memiliki kemampuan yang homogen, banyak sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas. Kelas pertama dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kedua sebagai kelas model pembelajaran Kooperatif tipe STAD, masing-masing kelas berjumlah 34 siswa. Berhubung karena adanya pandemi COVID-19 maka peneliti berinisiatif membagi siswa yang satu kelas menjadi dua kelas sehingga peneliti tetap menggunakan seluruh siswa dalam kelas sebagai sampel dan tetap mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test dan lembar observasi terhadap guru dan siswa. Perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas ekperimen, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas model Problem Based Learning adalah 69,59 dan nilai rata-rata post-test kelas model Kooperatif tipe STAD adalah 74,12. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t dimana thitung < ttabel (-2,089 < -1,998) sehingga terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa/i antara yang menggunakan model Problem Based Learning dan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Setelah dilakukannya perlakukan yang berbeda, kedua kelas tersebut memiliki perbedaan yang signifikan. Dimana nilai rata-rata post-test pada kelas pendekatan Problem Based Learning lebih besar dibandingkan nilai rata-rata post-test pada kelas Kooperatif tipe STAD. Artinya pembelajaran dengan Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran dengan Kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMPN 1 Bandar Khalifah T.P. 2020/2021, sehingga diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang tepat untuk kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]