Show simple item record

dc.contributor.authorPanjaitan, Debora
dc.date.accessioned2018-03-14T10:57:52Z
dc.date.available2018-03-14T10:57:52Z
dc.date.issued2015-08-21
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/486
dc.description.abstractBerdasarkan tujuan penelitian yang ingin dicapai penulis yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Feedback Partner (umpan balik) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Bor-bor T.A 2014/2015 dan sesuai uraian analisis data.diperoleh: Nilai rata-rata hasil observasi pada kelas eksperimen 77.76. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Feedback Partner (umpan balik) termasuk dalam kategori baik. Nilai rata-rata hasil Post-Test pada kelas eksperimen 84.36. Sehingga disimpulkan kemampuan komuniakasi matematika siswa termasuk kategori baik. Persamaan regresi sederhana diperoleh Y ̂ = 47.3105 + 0.9099 X yang artinya model pembelajaran Feedback Partner (umpan balik) dan kemampuan komunikasi matematika mempunyai hubungan linier yang positif. Dari hasil uji keberartian regresi diperoleh bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Feedback Partner (umpan balik) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Hasil perhitungan koefisien korelasi dengan menggunakan rumus Product Momen diperoleh koefisien korelasi sebesar 0.455 yang artinya ada hubungan yang cukup kuat antara model pembelajaran Feedback Partner (umpan balik) dan kemampuan komunikasi matematika siswa. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh (r^2) = 0.396 yang artinya ada pengaruh model pembelajaran Feedback Partner (umpan balik) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa sebesar 39.6 %. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Feedback Partner (umpan balik) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Bor-bor T.A 2014/2015. Sehingga model pembelajaran Feedback Partner (umpan balik) merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa.en_US
dc.subjectModel feedback partner (umpan balik)en_US
dc.subjectKomunikasien_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Feedback Partner (Umpan Balik) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bor-bor T.A 2014/2015.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record