Show simple item record

dc.contributor.authorSitorus, Petrus
dc.date.accessioned2021-01-26T03:30:28Z
dc.date.available2021-01-26T03:30:28Z
dc.date.issued2020-09-22
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4861
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuanuntuk mengetahui “Apakah Terdapat Pengaruh yang Signifikan antara Media Google Classroom terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi SPLTV Kelas X SMA Swasta Imelda Medan”.Adapun Populasi penelitian ini adalah siswaKelas XSMA Swasta Imelda Medan, dengan sampel yang terdiri dari 21 orang yaitusiswa kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah dilakukan uji validitasi instrument serta respon angket siswa. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan penalaran matematis: Y ̂=4,548+0.735X . Pada persamaan regresi kemampuan penalaran tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya kedua variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Untuk uji keberartian regresi kemampuan penalaran matematis diperoleh F_hitung=2,695 dengan nilai F_Tabel=4,38 , dengan demikian 2,695<4,38maka Ho diterima dan HA ditolak, sehingga tidak terdapat Pengaruh Media Google Classroom (X) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis (Y) Pada Materi SPLTV Kelas X SMA Swasta Imelda Medan”.Pada hasil perhitungan koefisien determinasi pada hubungan X terhadap Y1 diperolehr^2 = 12,42%sedangkan residunya sebesar 87,58%dijelaskan olehvariabel lain atau dipengaruhi faktor lain. Berdasarkan angket yang diberikan kepada siswa, rata rata angket memiliki nilai yang kurang memuaskan yaitu 68,154. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Google Classroom kurang dapat memberikan dampak yang baik terhadap penalaran matematis dalam pembelajaran matematika. Dengan pembelajaran google classroom memungkinkan siswa untuk saling mencontek dikarenakan banyaknya jawaban yang sama sehingga masing masing siswa tidak mau berusaha berdasarkan kemampuannya sendiri. Selain itu, berdasarkan beberapa angket seperti kalimat soalnya mudah dipahami, soal disajikan secara menarik,serta pemahaman siswa pada materi yang dipelajari sulit untuk diketahui pada masing masing siswa. Sehingga Google Classroom dalam mengembangkan penalaran matematis sulit untuk dilakukan atau dengan kata lain, google classroom tidak mempengaruhi penalaran matematis siswa. Maka dapat disimpulkan Tidak terdapat Pengaruh Media Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi SPLTV Kelas X SMA Swasta Imelda Medan”sehingga tidak dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaranmatematis siswa.en_US
dc.subjectPengaruh yang Signifikan antara Media Google Classroom,en_US
dc.subjectKemampuan penalaran matematisen_US
dc.titlePENGARUH MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI SPLTV KELAS X SMA SWASTA IMELDA MEDANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record