• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP SWASTA BHAKTI BANGSA SEI SEMAYANG

    Thumbnail
    View/Open
    Exaudi E.P Simanullang.pdf (308.5Kb)
    Date
    2020-09-20
    Author
    Simanullang, Exaudi E.P
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Perbedaan Pemahaman Konsep Matematis antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Swasta Bhakti Bangsa Sei Semayang. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan menggunakan post-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Swasta Bhakti Bangsa Sei Semayang yang terdiri dari 2 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A dan kelas VIII-B yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun dikarenakan situsi Covid-19 maka hanya 12 orang peserta didik dari setiap kelas yang menjadi sampel. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen I adalah 64,916 dengan standar deviasi 13,892 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen II adalah 73,5 dengan standar deviasi 8,867. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji analisis varians data post-test diperoleh F_hitung = 2,45 dan F_tabel=2,82. Ternyata F_hitung< F_tabel sehingga H_0 diterima maka dilanjut ke uji hipotesis. Uji Hipotesis dengan α = 0,05 diperoleh t_hitung=1,84 dan〖 t〗_tabel=1,782 dimana t_hitung> t_tabel (1,84 > 1,782). Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data maka diberi kesimpulan yaitu ada Perbedaan Pemahaman Konsep Matematis antara Model Pembelajaran Kooperatif TGT dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Swasta Bhakti Bangsa Sei Semayang.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4857
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback