Show simple item record

dc.contributor.authorNainggolan, Ando Pernando
dc.date.accessioned2021-01-26T02:56:36Z
dc.date.available2021-01-26T02:56:36Z
dc.date.issued2020-09-22
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4855
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuanuntuk mengetahui apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Grup Investigasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Swasta Bhakti Bangsa T.P. 2020/2021. Adapun populasi penelitian ini adalah siswakelas VIII SMP Swasta Bhakti Bangsa Sei Semayang dengan sampel yang terdiri dari 20 orang yaitusiswa kelas VIII Bsebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan instrumen berupa tes uraian yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta respon lembar observasi peserta didik. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan komunikasi matematis:Y ̂=-17,72+1,18X .Pada persamaan regresi kemampuan komunikasi tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya kedua variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Untuk uji kelinearan regresi post-testkemampuan komunikasi matematis diperoleh F_hitung=2,15 dengan nilaiF_Tabel=3,07 . Dengan demikian 2,15<3,07maka Ha diterima sehingga terdapat hubunganyang linear antara model pembelajaran Grup Investigasi terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Kemudian untuk uji keberartian regresi antara X dan Y diperolehF_hitung=194,22 dengan nilai tabel F_Tabel=4,41 maka Ha diterima sehinggaterdapat pengaruh yang linear antara model pembelajaran Grup Investigasi (X) terhadap kemampuan komunikasi matematis (Y). Berdasarkan hasil analisis uji kelinearan dan uji keberartian regresi, dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Grup Investigasi terhadap kemampuan komunikasi matematispeserta didik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII SMP Swasta Bhakti BangsaSei Semayang. Sehingga diharapkan model pembelajaran Grup Investigasi dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Grup Investigasi danen_US
dc.subjectKemampuan Komunikasi Matematis,en_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Grup Investigasi Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Swasta Bhakti Bangsa Sei Semayang T.P. 2020/2021en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record