Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII di Desa Sukarame Baru T.A 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII yang berlokasi di Desa Sukarame Baru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP kelas VIII di Desa Sukarame Baru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 10 orang siswa kelas VIII yang dipilih secara simple random sampling, dikarenakan masa pandemik maka hanya 10 orang peserta didik kelas VIII yang digunakan, dimana mereka adalah seluruh peserta didik yang disetujui oleh orangtua masing-masing untuk datang ke sekolah dengan tatap muka. Berdasarkan perhitungan nilai kelinearan regresi diperoleh nilai F hitung sebesar F_tabel>F_hitung atau 237>0,104, maka ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi relasi dan fungsi dengan hubungan yang linear. Untuk perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai r hitung sebesar 0,325, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis memiliki hubungan yang erat. Selanjutnya untuk koefisien determinasi diperoleh nilai r hitung sebesar 86,31%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa berpikir kreatif matematis peserta didik dipengaruhi oleh model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar86,31%, selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Collections
- Pendidikan Matematika [626]