Efektivitas Model Pencapaian Konsep Terhadap Kemampua Komunikasi Matematis Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Di Kelas VIII SMP Swasta Bhakti Bangsa Sei Semayang T.P. 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran pencapaian konsep efektif terhadap komunikasi matematis peserta didik, yang ditinjau dari indikator keefektivitasan pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes akhir (posttest) pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian ini ditinjau dari indikator keefektivitasan pembelajaran yaitu indikator yang pertama adalah analisis ketuntasan belajar dilihat dari daya serap perseorangan rata-rata nilai kelas adalah 74,9 dan daya serap klasikal yang dimana ketuntasan belajar secara klasikal memperoleh hasil 86% berkategori baik dan indikator yang kedua adalah analisis kesesuaian tingkat pembelajaran yang dilihat dari lembar observasi kemampuan guru mengajar berkategori baik dan lembar observasi aktivitas siswa berkategori baik. Dan ditinjau dari data hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pencapaian konsep efektif terhadap komunikasi matematis peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]