dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Kompetensi dan Supervisi
Terhadap Kinerja Guru Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada SMP Negeri
10 Medan.Setelah dirumuskan masalah penelitian dan hipotesis maka dilakukan pengujian
hipotesis. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan sensus. Kemudian, data
ditabulasi dan dianalisis menggunakan regresi ganda dengan alat bantu komputasi SPSS
versi 19.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan Pengaruh langsung kompetensi
terhadap disiplin kerja sebesar 0,220
termasuk rendah. Pengaruh langsung supervisi
terhadap disiplin kerja sebesar = 0.664 termasuk kategori kuat. Pengaruh langsung
kompetensi terhadap kinerja sebesar =
0.297 termasuk ketegori rendah. Pengaruh supervisi
terhadap kinerja sebesar = 0.118 termasuk kategori rendah. Pengaruh disiplin kerja terhadap
kinerja sebesar 0.555 termasuk kategori sedang. Pengaruh tidak langsung kompetensi
terhadap kinerja melalui disiplin kerja sebesar = 0,220
2
+ 0,555
2
= 0,597 sedang artinya
variabel yaitu disiplin kerja justru memperkuat terhadap kinerja guru. Artinya, kompetensi
yang didukung disiplin kerja akan semakin memperkuat pencapaian kinerja guru. Pengaruh
tidak langsung supervisi terhadap kinerja melalui disiplin kerja sebesar
0,664
=
0,865 termasuk kategori kuat. artinya variabel intervening yaitu disiplin kerja justru
memperkuat terhadap kinerja guru. Artinya, disiplin kerja yang dimiliki guru akan semakin
memperkuat pencapaian kinerja guru.
2
+ 0,555
2 | en_US |