PERANAN PENGAWAS SEKOLAH SEBAGAI LEADERSHIP, INSPECTING, ADVISING, MONITORING, COORDINATING, DAN REPORTING DALAM MEMPENGARUHI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 21 MEDAN
Abstract
Pengawas sekolah merupakan pejabat fungsional yang bertugas melakukan
pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan sesuai dengan
program tugas yang telah disusun. Selain tugas pengawasan, pengawas sekolah
juga berperan dalam mengevaluasi pelaksanaan program pengawasan akademik
dan pengawasan manajerial serta melaksanakan pembimbingan dan pelatihan
professional guru berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan pengawasan atau kita
sebut pembinaan, Keberadaan pengawas sekolah memiliki peran atau pengaruh
signifikan terhadap mutu pendidikan melalui leadership, inspecting, advising,
monitoring, coordinating,dan reporting.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-
sectional karena pengambilan data hanya cukup sekali yakni menggunakan
instrument penelitian berupa kuesioner. Populasi penelitian adalah seluruh guru
SMP Negeri 21 Medan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis
data menggunakan regresi linier berganda
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa leadership, inspecting, advising,
monitoring, coordinating dan reporting memberi pengaruh signifikan terhadap
mutu pendidikan. Hal ini diindikasikan oleh nilai sig-p X1 = 0.000, X2 = 0.000,
X3= 0.001, x4 = 0..024, X5 = 0.001 dan X6 = 0.001, lebih kecil dari 0.05
,sehingga dapat disimpulkan bahwa ke-6 variabel memberi pengaruh signifikan
terhadap mutu pendidikan. Besarnya variabel bebas terhadap mutu pendidikan
adalah 62.6%. Kepada pengawas sekolah disarankan untuk meningkatkan
leadership, inspecting advising, monitoring, coordinating dan reporting agar mutu
pendidikan dapat lebih ditingkatkan.
Kesimpulan penelitian adalah pengawas sekolah memegang peranan
penting dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah melalui perannya sebagai
leadership, inspecting, advising, monitoring, coordinating dan reporting.
Collections
- Magister Manajemen [26]