• Login
    View Item 
    •   Home
    • Master Theses
    • Magister Manajemen
    • View Item
    •   Home
    • Master Theses
    • Magister Manajemen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERANAN PENGAWAS SEKOLAH SEBAGAI LEADERSHIP, INSPECTING, ADVISING, MONITORING, COORDINATING, DAN REPORTING DALAM MEMPENGARUHI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 21 MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    PERANAN PENGAWAS SEKOLAH SEBAGAI LEADERSHIP, INSPECTING, ADVISING, MONITORING, COORDINATING, DAN REPORTING DALAM MEMPENGARUHI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 21 MEDAN (969.7Kb)
    Date
    2018
    Author
    S.Pd, SAULINA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengawas sekolah merupakan pejabat fungsional yang bertugas melakukan pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan sesuai dengan program tugas yang telah disusun. Selain tugas pengawasan, pengawas sekolah juga berperan dalam mengevaluasi pelaksanaan program pengawasan akademik dan pengawasan manajerial serta melaksanakan pembimbingan dan pelatihan professional guru berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan pengawasan atau kita sebut pembinaan, Keberadaan pengawas sekolah memiliki peran atau pengaruh signifikan terhadap mutu pendidikan melalui leadership, inspecting, advising, monitoring, coordinating,dan reporting. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross- sectional karena pengambilan data hanya cukup sekali yakni menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMP Negeri 21 Medan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan regresi linier berganda Hasil penelitian memperlihatkan bahwa leadership, inspecting, advising, monitoring, coordinating dan reporting memberi pengaruh signifikan terhadap mutu pendidikan. Hal ini diindikasikan oleh nilai sig-p X1 = 0.000, X2 = 0.000, X3= 0.001, x4 = 0..024, X5 = 0.001 dan X6 = 0.001, lebih kecil dari 0.05 ,sehingga dapat disimpulkan bahwa ke-6 variabel memberi pengaruh signifikan terhadap mutu pendidikan. Besarnya variabel bebas terhadap mutu pendidikan adalah 62.6%. Kepada pengawas sekolah disarankan untuk meningkatkan leadership, inspecting advising, monitoring, coordinating dan reporting agar mutu pendidikan dapat lebih ditingkatkan. Kesimpulan penelitian adalah pengawas sekolah memegang peranan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah melalui perannya sebagai leadership, inspecting, advising, monitoring, coordinating dan reporting.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4712
    Collections
    • Magister Manajemen [26]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback