ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SECARA ONLINE DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI DI KOTA PEMATANGSIANTAR)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis factor – factor
pertimbangan konsumen dalam keputusan pembelian secara online dengan
kepercayaan sebagai variabel moderating (studi di kota Pematangsiantar).
Penelitian ini adalah penelitian assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
masyarakat kota Pematangsiantar yang telah atau pernah melakukan pembelian
secara online dengan jumlah sampel sebanyak 76 orang responden yang diambil
dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data primer
menggunakan kuesioner dan pengumpulan data sekunder menggunakan studi
pustaka. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi
linier bergandadan uji interaksi dengan nilai signifikansi α = 5% (0,05). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa variabel factor – factor pertimbangan konsumen
dan variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
keputusan pembelian secara online di kota Pematangsiatnar. Hasil penelitian juga
menunjukkan bahwa kepercayaan mampu memperkuat pengaruh factor – factor
pertimbangan konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen secara online
di kota Pematangsiantar. Hasil output pengolahan data nilai Nagelkerke R Square
adalah sebesar 0,425 yang berarti variabel faktor-faktor yang terdiri dari harga,
produk, kemudahan transaksi dan keamanan transaksi menjelaskan bahwa 42,5%
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen secara online dengan kepercayaan
sebagai variabel moderasi, sisanya sebesar 57,5% dijelaskan oleh variabelvariabel
lain
yang
tidak
diteliti
dalam
penelitian
ini.
Collections
- Magister Manajemen [26]