Show simple item record

dc.contributor.authorSiboro, Cory Winda Sari
dc.date.accessioned2018-03-14T09:17:38Z
dc.date.available2018-03-14T09:17:38Z
dc.date.issued2014-03-23
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/466
dc.description.abstractMasalah yang terdapat dalam skripsi ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika sehingga seringkali siswa kesulitan dalam memahami dan menjawab soal. Banyaknya teknik pembelajaran menuntut seorang guru untuk menguasai dan memilih teknik pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi pelajaran guna meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial dapat meningkat dengan penerapan teknik probing di kelas VII-1 SMP Mardi Lestari, Medan T.A. 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Mardi Lestari, Medan Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay yang telah diujicobakan dan dinyatakan valid. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan tes pemahaman konsep matematika I berjumlah 7 soal dan tes pemahaman konsep matematika II berjumlah 7 soal. Penelitian ini juga menggunakan lembar observasi sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : pada siklus I, 11 dari 30 siswa (36,67%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar (minimal 65) sedangkan 19 siswa lainnya (63,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Nilai terendah yang diperoleh siswa adalah 26,23 sedangkan nilai tertingginya adalah 85,25 dengan rata–rata 58,03. Tingkat ketuntasan klasikal yang diperoleh yaitu 36,67% belum mencapai ketuntasan klasikal (85%). Pada siklus II nilai rata–rata kelasnya 80,78. Dilihat dari ketuntasan belajar klasikal pada siklus II ini sebanyak 26 dari 30 siswa (86,66%) mencapai ketuntasan belajar (mendapat nilai minimal 65). Hal ini berarti telah mencapai ketuntasan belajar klasikal (minimal 85% siswa mendapat nilai di atas 65). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran probing dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII-1 SMP Mardi Lestari Medan T.A. 2013/2014, sehingga diharapkan teknik pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.en_US
dc.subjectTeknik pembelajaran Probingen_US
dc.subjectPemahaman Konsep Matematikaen_US
dc.subjectaritmatika sosialen_US
dc.titlePenerapan Teknik Probing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Mardi Lestari Medan Tahun Ajaran 2013/2014en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record