Show simple item record

dc.contributor.authorSimanjuntak, Amelinda
dc.date.accessioned2018-03-14T08:46:32Z
dc.date.available2018-03-14T08:46:32Z
dc.date.issued2014-08-28
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/460
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk: “Mengetahui efektivitas metode Number Heads Together dibanding dengan metode Learning Start With A Question terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan segitiga di kelas VII SMP Negeri 2 Sipahutar Tahun Ajaran 2014/2015”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sipahutar. Sampel terdiri dari 56 orang yaitu 28 siswa kelas VII-3 sebagai kelas dengan Number Heads Together (NHT) dan 28 siswa kelas VII-3 sebagai kelas dengan metode Learning Start With A Question (LSQ) Nilai rata-rata hasil pretes pada kelas Number Heads Together adalah 26,21 dan nilai rata-rata hasil pretes pada kelas LSQ adalah 25,04. Dari hasil analisis data pretes kelas NHT diperoleh L0 = 0,1365 < Ltabel = 0,1641, dan data pretes kelas LSQ diperoleh L0 = 0,1558 < Ltabel = 0,1641. Sehingga disimpulkan data pretes kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pretes terdapat perbedaan kedua varians atau kedua sampel tidak homogen, dimana Fhitung = 1,98 < Ftabel = 2,015. Dan uji hipotesis data pretes kedua sampel diperoleh thitung = 0,35720, > ttabel = 0,987, artinya H0 diterima sehingga kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Nilai rata-rata hasil postes pada kelas NHT adalah 70,89 dan nilai rata-rata hasil postes kelas LSQ adalah 62,79. Dari uji homogenitas data postes, kedua sampel tidak homogen, dimana Fhitung = 2,0575 > Ftabel = 1,8638. Dari hasil analisis data postes kelas NHT diperoleh L0 = 0,0924 < Ltabel = 0,1641, dan data postes kelas LSQ diperoleh L0 = 0,1123 < Ltabel = 0,1641. Sehingga disimpulkan data postes kedua kelas berdistribusi normal. Dan uji hipotesis data postes kedua sampel diperoleh thitung (2,530) > ttabel (0,987), artinya H0 ditolak dan Ha diterima sehingga pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan metode NHT lebih baik dibanding dengan yang menggunakan metode LSQ pada materi segitiga kelas VII SMP Negeri 2 Sipahutar Tahun Ajaran 2014/2015. Dari nilai rata-rata uji n-gain diperoleh pada kelas NHT adalah 0,67 lebih tinggi daripada kelas LSQ sebesar 0,51. Hasil belajar pada kelas NHT melebihi ketuntasan hasil belajar.Hal ini menunjukkan bahwa metode NHT lebih efektif meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi segitiga Kelas VII SMP Negeri 2 Sipahutar Tahun Ajaran 2014/2015.en_US
dc.subjectEfektivitas, Metode Number Heads Togetheren_US
dc.subjectPemahaman Konsepen_US
dc.titleEfektivitas metode Number Heads Together Dibanding Metode Learning Start With A Question Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Segitiga Kelas VII SMP Tahun Ajaran 2014/2015en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record