Show simple item record

dc.contributor.authorTambunan, Haryati
dc.date.accessioned2020-12-07T05:15:54Z
dc.date.available2020-12-07T05:15:54Z
dc.date.issued2020-09-05
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4570
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada materi aljabar di kelas VIII SMP Negeri 2 Tigabinanga T.A. 2020/2021. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tigabinanga, berjumlah 94 orang dengan sampel yang terdiri dari 16 orang yaitu siswa kelas VIII-1 pada sesi A sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah dilakukan uji validitasi instrument serta lembar observasi siswa. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan berpikir kritis matematis: Y ̂=10,267+0,884X. Pada persamaan regresi kemampuan berpikir kritis tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya kedua variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Dari uji kelinearan regresi diperoleh F_hitung=1,9707 dengan nilai F_Tabel=3,79 yang artinya terdapat hubungan yang linear antara pendekatan Reealistic Mathematics Education terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan dari uji keberartian regresi diperoleh F_hitung=15,576 dengan nilai F_Tabel=3,79 yang artinya ada pengaruh yang berarti antara penggunaan pendekatan Reealistic Mathematics Education terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Koefisien korelasi r = 0,736 artinya peningkatan variabel X akan bersamaan dengan meningkatnya variabel Y, dari uji keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung sebesar 4,068. Koefisien determinasi diperoleh hasil yaitu r^2 = 54,23% yang artinya keberhasilan peserta didik dalam kemampuan berpikir kritis matematis dipengaruhi oleh pendekatan Reealistic Mathematics Education, sedangkan residunya sebesar 45% dijelaskan oleh variabel yang tidak diteliti. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Reealistic Mathematics Education terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, sehingga diharapkan pendekatan Reealistic Mathematics Education dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.en_US
dc.subjectPendekatan Reealistic Mathematics Education danen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritis Matematis.en_US
dc.titlePengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik pada Materi Aljabar Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Tigabinanga T. A. 2020/2021en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record