dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi aljabar di kelas VII SMP Negeri 1 Lawe Sigala-gala T.A. 2020/2021. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lawe Sigala-gala yang berjumlah 93, dengan sampel yang terdiri dari 16 orang yaitu siswa kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen. Alasannya, karena pada saat melakukan penelitian di sekolah, pihak sekolah menerapkan aturan yang diberikan pemerintah yaitu melakukan social distancing (jaga jarak) sesuai dengan protokol kesehatan. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan pemecahan masalah matematis: Y ̂=8,4406+0,8990x . Dari uji kelinearan regresi diperoleh F_hitung=1,5353 yang artinya terdapat hubungan yang linear antara model pembelajaran Discovery Learning dengan kemampuan pemecahan masalah matematis dan dari uji keberartian regresi diperoleh F_hitung=229,3240 yang artinya ada pengaruh yang berarti antara penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Koefisien korelasi r = 0,9314 artinya peningkatan variabel X akan bersamaan dengan meningkatnya variabel Y, dari uji keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung sebesar 9,5739. Koefisien determinasi diperoleh hasil yaitu r^2 = 94% yang artinya keberhasilan peserta didik dalam kemampuan pemecahan masalah matematis dipengaruhi oleh model pembelajaran Discovery Learning, sedangkan residunya sebesar 6% dijelaskan oleh variabel yang tidak diteliti. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, sehingga diharapkan model pembelajaran Discovery Learning dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. | en_US |