PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT DI KELAS IX SMP SANTO XAVERIUS 2 KABANJAHE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Open-ended Problem terhadap berpikir kritis matematis siswa pada materi persamaan dan fungsi kuadrat di kelas IX SMP Santo Xaverius 2 Kabanjahe.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IX SMP Santo Xaverius 2 Kabanjahe. Dengan teknik purposive Random Sampling , diperoleh sampel penelitian kelas IX-A yang terdiri dari 35 orang peserta didik, namun dikarenakan masa pandemic maka hanya 10 orang peserta didik yang diikut sertakan. Instrumen yang digunakan adalah soal Post-Test dengan bentuk soal essay yang telas dilakukan uji validasi instrumen serta angket respon siswa mengenai penerapan pendekatan pembelajaran Open-ended Problem.Setelah dilakukan penelitian maka diperoleh rata-rata Post-Test adalah 74,86 dengan simpangan baku 21,34 dan nilai rata-rata angket respon siswa 74,4 dengan simpangan baku 5,14. Hasil uji normalitas menyatakan X dan Y berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji regresi dan korelasi dengan α = 0,05. Dari uji tersebut disimpulkan ada pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran Open-ended Problem terhadap berpikir kritis matematis siswa pada materi persamaan dan fungsi kuadrat kelas IX SMP Santo Xaverius 2 Kabanjahe.Setelah pembelajran di kelas dilakukan pemberian angket respon siswa mengenai pendekatan Open-endd Problem dan diperoleh nilai akhir dengan kategori penilaian baik.
Collections
- Pendidikan Matematika [663]