• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT DI KELAS IX SMP SANTO XAVERIUS 2 KABANJAHE

    Thumbnail
    View/Open
    Kharisma Br. Brahmana.pdf (322.6Kb)
    Date
    2020-09-01
    Author
    Br. Brahmana, Kharisma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Open-ended Problem terhadap berpikir kritis matematis siswa pada materi persamaan dan fungsi kuadrat di kelas IX SMP Santo Xaverius 2 Kabanjahe.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IX SMP Santo Xaverius 2 Kabanjahe. Dengan teknik purposive Random Sampling , diperoleh sampel penelitian kelas IX-A yang terdiri dari 35 orang peserta didik, namun dikarenakan masa pandemic maka hanya 10 orang peserta didik yang diikut sertakan. Instrumen yang digunakan adalah soal Post-Test dengan bentuk soal essay yang telas dilakukan uji validasi instrumen serta angket respon siswa mengenai penerapan pendekatan pembelajaran Open-ended Problem.Setelah dilakukan penelitian maka diperoleh rata-rata Post-Test adalah 74,86 dengan simpangan baku 21,34 dan nilai rata-rata angket respon siswa 74,4 dengan simpangan baku 5,14. Hasil uji normalitas menyatakan X dan Y berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji regresi dan korelasi dengan α = 0,05. Dari uji tersebut disimpulkan ada pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran Open-ended Problem terhadap berpikir kritis matematis siswa pada materi persamaan dan fungsi kuadrat kelas IX SMP Santo Xaverius 2 Kabanjahe.Setelah pembelajran di kelas dilakukan pemberian angket respon siswa mengenai pendekatan Open-endd Problem dan diperoleh nilai akhir dengan kategori penilaian baik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4563
    Collections
    • Pendidikan Matematika [553]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback