PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHMATEMATIS PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKANMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE DENGAN MODEL PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 2 SIEMPAT NEMPU HILIR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair and Share dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII SMP Negeri 2 Siempat Nempu Hilir.Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan post-test.Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Siempat Nempu Hilir yang terdiri dari 3 kelas. Dari populasi tersebut,yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 dan kelas VIII-2 yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun dikarenakan situsi Covid-19 maka hanya 22 orang peserta didik dari setiap kelas yang menjadi sampel. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data maka diberi kesimpulan yaitu ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Sharedan peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII SMP Negeri 2 Siempat Nempu Hilir.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]