PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI POLA BILANGAN DI KELAS VIII SMP SWASTA HKBP AMBARITA T. A. 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran problem based learning (pbl) pada materi pola bilangan di Kelas VIII SMP Swasta HKBP Ambarita T. A. 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu kelas VIII SMP Swasta HKBP Ambarita, dan seluruh siswa dipilih menjadi sampel dengan 2 kelas, yaitu: kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen I diajarkan dengan model inkuiri terbimbing, kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen II diajarkan dengan model problem based learning (pbl). Instrumen yang digunakan berupa tes dalam bentuk essay yang telah dilakukan uji validitas instrumen. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen I adalah 72,9 dengan standar deviasi 6,92 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen II adalah 84,55 dengan standar deviasi 10,56. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji analisis varians data post-test diperoleh Fhitung = 2,329 dan Ftabel = 2,18. Ternyata Fhitung> Ftabel sehingga H0 ditolak yang berarti ada perbedaan dari kedua sampel tersebut. Karena H0 ditolak maka dilanjut ke uji hipotesis. Uji hipotesis dua pihak dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 4,14 dan ttabel = 2,09, dimana thitung tidak terletak pada interval -ttabel = -2,09 dan ttabel = 2,09 sehingga ada perbedaan dari kedua sampel. Artinya ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran problem based lerning (pbl) pada materi pola bilangan di Kelas VIII SMP Swasta Ambarita T. A. 2020/2021.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]