• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS ANTARA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POLA BILANGAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TIGABINANGA T. A. 2020/2021

    Thumbnail
    View/Open
    Harmika Br. Sinulingga.pdf (297.0Kb)
    Date
    2020-09-20
    Author
    Br. Sinulingga, Harmika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pola bilangan di Kelas VIII SMP Negeri 2 Tigabinanga T. A. 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa/i kelas VIII SMP Negeri 2 Tigabinanga dimana dipilih 2 kelas sebagai sampel yaitu: kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model discovery learning dan kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen II diajarkan dengan model inkuiri terbimbing. Instrumen yang digunakan berupa tes dalam bentuk essay yang telah dilakukan uji validitas instrumen. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen I adalah 81,88 dengan standar deviasi 8,42 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen II adalah 63,175 dengan standar deviasi 17,66. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji analisis varians data post-test diperoleh Fhitung = 4,389 dan Ftabel = 2,18. Ternyata Fhitung > Ftabel sehingga H0 ditolak yang berarti ada perbedaan dari kedua sampel tersebut. Karena H0 ditolak maka dilanjut ke uji hipotesis. Uji hipotesis dua pihak dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 4,277 dan ttabel = 2,024, dimana thitung tidak terletak pada interval -ttabel = -2,024 dan ttabel = 2,024 sehingga ada perbedaan dari kedua sampel. Artinya ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajan inkuiri terbimbing pada materi pola bilangan di Kelas VIII SMP Negeri 2 Tigabinanga T. A. 2020/2021.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4555
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback