Show simple item record

dc.contributor.authorPanggabean, Ria Bonata
dc.date.accessioned2020-12-05T04:10:24Z
dc.date.available2020-12-05T04:10:24Z
dc.date.issued2020-10-15
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4553
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis antara model pembelajaran problem based learning dan discovery learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel di Kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Kolang. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu 40 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Kolang dan seluruh siswa dipilih menjadi sampel dengan membentuk 2 kelompok, yaitu: kelompok 1 sebagai kelas eksperimen I diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning, kelompok 2 sebagai kelas eksperimen II diajarkan dengan model discovery learning. Instrumen yang digunakan berupa tes dalam bentuk essay yang telah dilakukan uji validitas instrumen. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen I adalah 78,5 dengan standar deviasi 13,25 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen II adalah 65,32 dengan standar deviasi 8,08. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data maka diberi kesimpulan yaitu ada perbedaan kemampuan penalaran matematis antara model pembelajaran problem based learning dan discovery learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel di Kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Kolang.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Based Learning,en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Discovery Learning,en_US
dc.subjectPenalaran Matematisen_US
dc.titlePERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SATU ATAP KOLANGen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record