PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BALOK PADA KELAS VIII DI DESA SIBUNTUON PARTUR KECAMATAN LINTONGNIHUTA PADA TAHUN 2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematis Pada materi balok di Desa Sibuntuon Partur Kec. Lintongnihuta . Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII di Desa Sibuntuon Partur Kec. Lintongnihuta. Dengan teknik Simple Random Sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah 14 siswa kelas VIII di Desa Sibuntuon Partur Kec. Lintongnihuta. Instrumen yang digunakan Post tes dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi kemampuan komunikasi. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresiadalah Y ̂_1=28,84+0,627 X. untuk uji kelinearan regresi post-test di peroleh〖 F〗_hitung=0,1575 maka F_tabel>F_hitung atau 3,97>0,1575, maka Ha diterima. Sehingga terdapat hubungan yang linier antara pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kemudian untuk uji keberartian regresi antara X dan Y diperoleh F_hitung=7,3668 maka F_tabel<F_hitung atau 4,75<7,3668 maka Ha diterima. Sehingga terdapat hubungan yang berarti antara pendekatan pembelajaran kontekstual dengan kemampuan komunikas imatematis. Berdasarkan hasil analisis uji kelinearan dan uji keberartian regresi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pendekatan kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi balok kelas VIII di Desa Sibuntuon Partur Kec.Lintongnihuta. Sehingga diharapkan pendekatan pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]