Pengaruh Model Problem Based LearningTerhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Materi Bilangan Bulat Di Kelas VII SMPN 2 Sitiotio
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahadapengaruhmodel Problem Based Learningterhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematispesertadidik pada materibilanganbulat di kelas VII SMPN 2 Sitiotio.Jenispenelitianyang dilakukan pada penelitianiniadalahpenelitianquasi eksperimendenganpopulasipenelitianyaituseluruhpesertadidikkelas VII SMPN 2 Sitiotio yang terdiridari 2 kelas. Dari populasitersebut, yang menjadisampeldalampenelitianiniadalahkelasVII-1, namundikarenakanmasa pandemi Covid-19 makahanya10 orangpesertadidik yang menjadisampel. Instrumen yang digunakanadalahteshasilbelajar yang telahdilakukan uji validitassertalembarobservasipesertadidikmenggunakan model Problem Based Learning. Dari hasilperhitungandiperolehpersamaanregresi(Y_ ) ̂ = -105,104 +2,314 X. Untuk uji kelinearanregresipost-testdiperolehFhitung= 0,45 makaF_hitung<F_tabelatau0,45<9,01 maka Ha diterima sehinggaterdapathubungan yang linear antaramodel Problem Based Learningterhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematispesertadidik.Kemudianuntuk uji keberartianregresiantara X dan Y diperolehFhitung = 56,984 makaF_hitung≥F_tabel atau 56,984≥5,32maka Ha diterimasehinggaterdapatkeberartianregresiantaramodel Problem Based Learningterhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematispesertadidik. Berdasarkanhasilanalisis uji kelinearan dan uji keberartianregresi, dapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhantaramodel Problem Based Learningterhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematispesertadidik pada materibilanganbulat di kelas VII SMPN 2 Sitiotio. Sehinggadiharapkanmodel Problem Based Learninginidapatdigunakansebagai salah satualternatifuntukmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahmatematispesertadidik.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]