• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Problem Based LearningTerhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Materi Bilangan Bulat Di Kelas VII SMPN 2 Sitiotio

    Thumbnail
    View/Open
    Faigandatio Situmorang.pdf (379.6Kb)
    Date
    2020-09-12
    Author
    Situmorang, Faigandatio
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahadapengaruhmodel Problem Based Learningterhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematispesertadidik pada materibilanganbulat di kelas VII SMPN 2 Sitiotio.Jenispenelitianyang dilakukan pada penelitianiniadalahpenelitianquasi eksperimendenganpopulasipenelitianyaituseluruhpesertadidikkelas VII SMPN 2 Sitiotio yang terdiridari 2 kelas. Dari populasitersebut, yang menjadisampeldalampenelitianiniadalahkelasVII-1, namundikarenakanmasa pandemi Covid-19 makahanya10 orangpesertadidik yang menjadisampel. Instrumen yang digunakanadalahteshasilbelajar yang telahdilakukan uji validitassertalembarobservasipesertadidikmenggunakan model Problem Based Learning. Dari hasilperhitungandiperolehpersamaanregresi(Y_ ) ̂ = -105,104 +2,314 X. Untuk uji kelinearanregresipost-testdiperolehFhitung= 0,45 makaF_hitung<F_tabelatau0,45<9,01 maka Ha diterima sehinggaterdapathubungan yang linear antaramodel Problem Based Learningterhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematispesertadidik.Kemudianuntuk uji keberartianregresiantara X dan Y diperolehFhitung = 56,984 makaF_hitung≥F_tabel atau 56,984≥5,32maka Ha diterimasehinggaterdapatkeberartianregresiantaramodel Problem Based Learningterhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematispesertadidik. Berdasarkanhasilanalisis uji kelinearan dan uji keberartianregresi, dapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhantaramodel Problem Based Learningterhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematispesertadidik pada materibilanganbulat di kelas VII SMPN 2 Sitiotio. Sehinggadiharapkanmodel Problem Based Learninginidapatdigunakansebagai salah satualternatifuntukmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahmatematispesertadidik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4548
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback