Pengaruh pemberian pertanyaan terbuka (pendekatan open-ended) secara berkelompok terhadap kreativitas siswa pada materi operasi bilangan bulat di kelas VII-1 SMP Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun pelajaran 2014/2015
Abstract
Penelitian ini merupakan eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian pertanyaan terbuka (pendekatan open-ended) secara berkelompok terhadap kreativitas siswa pada materi operasi bilangan bulat di kelas VII-1 SMP Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun pelajaran 2014/2015.
Berdasarkan pengolahan data diperoleh rata-rata hasil observasi tentang pemberian pertanyaan terbuka (pendekatan open-ended) secara berkelompok sebesar 77,72 artinya pelaksanaan pemberian pertanyaan terbuka (pendekatan open-ended) secara berkelompok dikatakan dalam kategori baik, dan nilai rata-rata pada post test tentang kreativitas siswa sebesar 74,39 artinya kreativitas siswa dikatakan dalam kategori baik. Berdasarkan analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y ̂=99,7+0,53X, pada persamaan tersebut koefisien arah regresi linear b = 0,53 bertanda positif artinya setiap kenaikan pembelajaran dengan pemberian pertanyaan terbuka (pendekatan open-ended) secara berkelompok sebesar 1 satuan akan meningkatkan kreativitas siswa sebesar 0,53 satuan. Hasil uji kelinearan dengan menggunakan uji F diperoleh F_hitung= -1,29 sedangkan F_(0,05;(1;23) )=3,02 dimana 〖 F〗_hitung < F_tabel atau -1,29<3,02 artinya terdapat hubungan yang linear antara pemberian pertanyaan terbuka (pendektan open-ended) secara berkelompok terhadap kreativitas siswa. Hasil uji keberartian regresi sampel dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung = 19,51 sedangkan Ftabel = F_(0,05;(12;9) )= 4,32 dimana F_hitung > F_tabel atau 19,51>4,32 artinya ada pengaruh pemberian pertanyaan terbuka (pendekatan open-ended) secara berkelompok terhadap kreativitas siswa. Berdasarkan hasil pengujian koefisien korelasi didapat r_hitung= 0,693 termasuk dalam kategori hubungan yang cukup antara pemberian pertanyaan terbuka (pendekatan open-ended) secara berkelompok terhadap kreativitas siswa. Dan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh r_hitung=0,48 atau 48% artinya bahwa kreativitas siswa dipengaruhi oleh indikator pemberian pertanyaan terbuka sebesar 48% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian pertanyaan terbuka (pendekatan open-ended) secara berkelompok terhadap kreativitas siswa pada materi operasi bilangan bulat di kelas VII-1 SMP Swasta Sidorame Medan T.P 2014/2015. Sehingga pembelajaran dengan pemberian pertanyaan terbuka (pendekatan open-ended) diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kreativitas siswa.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]